PELAJARAN FORMAL DI PPMUY: IKHTIYAR MERGER SALAF DAN FORMAL



Assalamu'alaikum wr wb


Segala untaian indah, puji nan sanjung, doa dan harapan selalu kita sampaikan ke hadirat Ilahi Rabbi, Tuhan Sang Maha Indah nan Mulia.

Selawat dan Salam kita sanjungkan kepada Insan agung, berderajat wasilah dan fadhilah, selalu mengawal umat baik akidah, syariah, adab, tsaqofah, dan hadhoroh.

Pembaca yang budiman

Di sini kami akan membagikan format Pelajaran Formal di PPMUY, supaya para walisantri mengetahui apa saja yang diajarkan di PP. Miftahul Ulum Yahyawiyyah sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk calon santri-santri baru. Ada beberapa pelajaran formal yang sudah terintegrasi dengan pelajaran salaf.

Pertama, Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Mata pelajaran ini menggabungkan nilai-nilai Islam dengan pelajaran umum. Misalnya adalah ilmu astronomi itu dikaitkan dengan ayat-ayat Alquran dan hadis-hadis Nabi saw.

Untuk lebih jelasnya silahkan bisa dilihat sebagaimana berikut ini:





Kedua,
Ilmu Matematika. Di sini, para santri akan diajarkan ilmu matematika yang terintegrasi dengan ilmu fikih Islam. Misalnya saja, para santri akan diajarkan tata cara menghitung volume air dua kulah yang dibicarakan dalam kitab fikih. Bagaimana cara menghitung jarak shalat qashar, apakah si santri boleh melakukan rukhsah tersebut bilamana perjalanannya terpotong-potong dan bisa dijumlahkan sampai batas tertentu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan bisa dilihat tema-tema mata pelajarannya sebagaimana berikut ini:


Ketiga, Pelajaran Kewarganegaraan (PKN). Di Miftahul Ulum Yahyawiyyah, pelajaran PKN dikaitkan dengan ayat-ayat Alquran. Misalnya ketika membicarakan cara menjadi warga negara yang baik, maka para santri akan diminta memahami ayat-ayat Alquran yang berkaitan dengan nilai-nilai tersebut. Hal ini agar para santri secara sadar pentingnya kewarganegaraan yang bertanggung jawab itu merupakan cermin dari pengamalan nilai-nilai Alquran. Bukan semata hanya urusan duniawi semata.

Untuk lebih jelasnya, silahkan bisa melihat tema-tema mata pelajaran yang diajarkan sebagaimana berikut ini:


Demikian pelajaran umum yang dikaitkan dengan pelajaran salaf agar para santri melihat benar-benar ada kaitannya ilmu-ilmu dunia untuk menguatkan ilmu-ilmu akhirah. Sehingga harapannya adalah mereka bisa melaksanakan doa sapu jagat "Fiddunya Hasanah wa Fil Akhirati Hasanah wa Qina 'Adzabannar"....

Wassalamu'alaikum wr wb